-->
U2FsdGVkX18phNDpx5qDwjlTts8fo/VUg2qW4boZj/W2a//+YwSoTCcXsao55tVZei+KUhe2kBVV3DU+C4mAsg==
Thai Tea atau Thailand Tea saat ini sudah populer di kalangan masyarakat. Jenis teh ini juga berbeda dengan teh Indonesia, memiliki warna oranye dan aroma yang sangat harum.
Teh Thailand ini juga menggunakan bagian daun teh yang khusus, mengandung susu yang sehat dan pewarna makanan. Dengan campuran tersebut membuat Thai Tea menghasilkan rasa dan aroma yang sangat manis. Jadi sangat cocok untuk teman buka puasa atau sebagai ta’jil.

Cara Membuat Thai Tea Untuk Minuman Buka Puasa

Sedangkan untuk membuat Thai Tea sendiri cukup mudah, anda hanya perlu membeli Thai Tea Mix dan daun teh yang banyak di jual di Thailand. Bubuk tersebut juga memiliki aroma atau bau yang unik dan bisa dibeli melalui online shop. Tapi untuk anda yang tetap suka dengan teh Indonesia dapat menggunakan bubuk teh biasa dengan tambahan pewarna makanan berwarna oranye. Berikut bahan dan cara membuatnya:

Berikut Bahan & Cara Membuat Thai Tea Untuk Minuman Buka Puasa


Bahan Thai Tea
  • Thai Tea Mix 3,5 sdm
  • Air panas 400 ml
  • Susu kental manis 8 sdm
  • Susu cair 600 ml
  • Gula pasir 3 sdm
  • Krim kocok/whipped cream secukupnya
  • Es batu yang sudah dihancurkan secukupnya

Cara Membuat Thai Tea
  1. Rebus air sampai mendidih kemudian matikan api
  2. Masukkan daun teh, tutup dengan tutup panci dan biarkan air berubah warna kecokelatan. Tunggu daun teh sampai 5 menit dan saring supaya tidak mengendap
  3. Masukkan air teh yang sudah disaring dan semua bahan ke dalam blender
  4. Setelah semua bahan sudah tercampur, tambahkan susu kental manis dan gula jika kurang manis
  5. Siapkan gelas cantik, masukkan es batu yang sudah dihancurkan ke dalam gelas.
  6. Terakhir tuang teh yang sudah di blender tadi ke dalam gelas, tambahkan sedikit susu di atasnya dan semprot dengan whipped cream. Setelah itu sajikan untuk buka puasa

Tips Membuat Thai Tea
Saat membuat Thai Tea di Thailand biasanya menuangkan teh susu ke 2 gelas dan dilakukan secara berulang. Cara tersebut dapat memunculkan busa di bagian permukaan teh susu. Tapi saat anda menggunakan blender maka akan lebih praktis lagi untuk mendapatkan gelembung busa.
  • Untuk anda yang membuat Thai Tea cukup banyak dan ingin disimpan sebaiknya pisah dari susu atau tidak menggunakan susu. Maka Thai Tea ini dapat bertahan sampai satu minggu. Sedangkan jika dicampur susu maka Thai Tea dapat bertahan 2 hari dan enak dinikmati saat masih dingin.
  • Thai Tea dingin di Thailand terdiri dari 2 jenis, Dark Thai Ice Tea dan Lime Thai Tea. Dark Thai Ice Tea biasanya disajikan tanpa susu dan hanya menggunakan gula manis. Konsep ini sama dengan teh tradisional India. Sedangkan Lime Thai Tea ditambahkan dengan jeruk lima dan gula atau daunt mint.
  • Untuk Thai Tea Panas terdiri dari Thai Hot Tea dan Dark Hot Tea. Thai Hot Tea biasanya disajikan saat pagi hari, tapi karena ini bulan puasa maka sangat cocok jika diminum sebagai ta’jil didampingi cakwe. Sedangkan Dark Hot Tea di Thailand biasa diminum tanpa susu dan hanya menggunakan gula manis saja.

Untuk bunda atau kalian yang suka dengan minuman manis, maka dapat membuat Thai Tea sebagai rekomendasi di bulan Ramadhan. Sebarkan juga ke teman-teman, saudara yang suka dengan minuman kekinian ini.